• Sistem operasi

    Sistem operasi

    • Sri Kusumadewi
    • Graha Ilmu
    • 2002
    • 979-3289-12-0
    Sinopsis

    Pada sistem komputer, hardware dan program-program aplikasi akan menjadi tidak berarti tanpa adanya dukungan sistem operasi yang handal. Selain sebagai antarmuka antara hardware dan software, sistem operasi bertugas sebagai manajer beberapa tugas yang dilakukan dalam sistem komputer. Sebagian besar tugas sistem operasi tersebut terangkum dalam buku Sistem Operasi ini. Buku ini terdiri atas 3 bagian. Bagian pertama, tentang sistem operasi secara umum yang terdapat pada Bab 1, 2 dan 3. Bagian kedua, tentang manajemen proses, yang disajikan pada Bab 4 sampai 7. Bagian ketiga, tentang manajemen memori yang diberikan secara rinci pada Bab 8 dan 9. Bagian terakhir, berisi studi kasus pada Sistem Operasi DOS, dan LINUX. Bab I, berisi tentang definisi dan perkembangan Sistem Operasi. Bab 2, berisi Struktur Sistem Komputer yang termasuk di dalamnya Struktur I/O, penyimpanan dan proteksi. Bab 3, memuat struktur Sistem Operasi itu sendiri. Dilanjutkan pada Bab 4, berisi proses-proses yang meliputi definisi proses dan operasi-operasi pada proses. Bab 5, memuat beberapa algoritma penjadualan proses dan implementasinya. Bab 6, menjelaskan tentang beberapa algoritma sinkronisasi software dan hardware. Bab 7 , berisi deadlock dengan segala penyebab dan cara untuk mengatasinya. Bab 8, tentang konsep dasar dan strategi pengaturan memori. Bab 9, mengulas tentang memori virtual. Terakhir, bab 10 dan 11 merupakan suatu contoh Sistem Operasi DOS dan LINUX. Dengan membaca buku ini, diharapkan para pembaca, khususnya mahasiswa jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer mampu memahami kerangka kerja Sistem Operasi.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98, Margonda, Kaliabang, Dewi Sartika B, Bogor A, Yogyakarta, Solo, Cengkareng, BSD
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 202036
Kode Klasifikasi : 005.43
Judul Buku : Sistem operasi
Edisi : 2
Penulis : Sri Kusumadewi
Penerbit : Graha Ilmu
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2002
ISBN : 979-3289-12-0
Tajuk Subjek : Sistem Operasi,Sistem Komputer
Deskripsi : xii, 208 hlm. : ill. , ind. ; 23 cm
Eksemplar : 41
Stok : 41
Petugas : Arum Johan Purnamasari
Pada sistem komputer, hardware dan program-program aplikasi akan menjadi tidak berarti tanpa adanya dukungan sistem operasi yang handal. Selain sebagai antarmuka antara hardware dan software, sistem operasi bertugas sebagai manajer beberapa tugas yang dilakukan dalam sistem komputer. Sebagian besar tugas sistem operasi tersebut terangkum dalam buku Sistem Operasi ini.
Buku ini terdiri atas 3 bagian. Bagian pertama, tentang sistem operasi secara umum yang terdapat pada Bab 1, 2 dan 3. Bagian kedua, tentang manajemen proses, yang disajikan pada Bab 4 sampai 7. Bagian ketiga, tentang manajemen memori yang diberikan secara rinci pada Bab 8 dan 9. Bagian terakhir, berisi studi kasus pada Sistem Operasi DOS, dan LINUX.
Bab I, berisi tentang definisi dan perkembangan Sistem Operasi. Bab 2, berisi Struktur Sistem Komputer yang termasuk di dalamnya Struktur I/O, penyimpanan dan proteksi. Bab 3, memuat struktur Sistem Operasi itu sendiri. Dilanjutkan pada Bab 4, berisi proses-proses yang meliputi definisi proses dan operasi-operasi pada proses. Bab 5, memuat beberapa algoritma penjadualan proses dan implementasinya. Bab 6, menjelaskan tentang beberapa algoritma sinkronisasi software dan hardware. Bab 7 , berisi deadlock dengan segala penyebab dan cara untuk mengatasinya. Bab 8, tentang konsep dasar dan strategi pengaturan memori. Bab 9, mengulas tentang memori virtual. Terakhir, bab 10 dan 11 merupakan suatu contoh Sistem Operasi DOS dan LINUX.
Dengan membaca buku ini, diharapkan para pembaca, khususnya mahasiswa jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer mampu memahami kerangka kerja Sistem Operasi.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika