• Wimax : teknologi broadband wireless access (BWA) kini dan masa depan

    Wimax : teknologi broadband wireless access (BWA) kini dan masa depan

    • Gunawan Wibisono dan Gunadi Dwi Hantoro
    • Informatika Bandung
    • 2006
    • 979-3338-86-5
    Sinopsis

    Perkembangan teknologi selular sangat pesat sekali. Teknologi selular berkembang dari AMPS hingga GSM dan tidak berapa lama lagi akan menikmati teknologi 3G. Teknologi selular berorientasi pada voice dan data dengan kecepatan rendah. Diperkirakan di masa mendatang komunikasi data akan semakin besar dengan kebutuhan kecepatan data yang makin besar pula. Oleh karena itu, diperlukan teknologi akses yang lebih baik dibanding dengan WLAN atau popular sebagai WiFi. Salah satu teknologi akses wireless broadband yang sekarang banyak digunakan adalah Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) memiliki jangkauan yang jauh dan dapat untuk kondisi non-LOS sehingga sangat sesuai untuk transmisi pada daerah rural. WiMAX dapat digunakan untuk mengatasi implementasi komunikasi yang menggunakan wireline dan implementasi berbasis WLAN. Solusi WiMAX sangat cocok untuk diimplementasikan di Indonesia untuk mengatasi divide-gap dan mempercepat penitrasi internet. Buku ini disusun untuk memberikan pemahaman teknologi WiMAX. Pada buku ini akan diulas mengenai evolusi, konfigurasi, cara kerja, keamanan, aplikasi, sinergi WiMAX dengan teknologi lain, beberapa produk WiMAX dan problematika frekuensi WiMAX di Indonesia khususnya. Untuk memperjelas isi mengenai WiMAX, maka penulis juga melampirkan CD yang berisi presentasi dari beberapa vendor dan disertai dengan spesifikasi teknis sehingga memudahkan pembaca dalam memahami WiMAX secara keseluruhan. Informasi kontak person dari tiap vendor juga kami tulis, mudah-mudahan membantu pembaca apabila akan meng-explore/mengontak vendor dimaksud. Buku ini terutama akan sangat membantu bagi siapa saja yang tertarik dengan WiMAX baik teknis maupun bisnis, karena buku ini ditulis detail dan sederhana.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kaliabang, Kalimalang, Solo, Sukabumi
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 201757
Kode Klasifikasi : 621.382
Judul Buku : Wimax : teknologi broadband wireless access (BWA) kini dan masa depan
Edisi : -
Penulis : Gunawan Wibisono dan Gunadi Dwi Hantoro
Penerbit : Informatika Bandung
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2006
ISBN : 979-3338-86-5
Tajuk Subjek : Wimax
Deskripsi : viii, 168 hlm. : ill. ; 21 cm
Eksemplar : 11
Stok : 11
Petugas : Asri Mutiasari, S.Kom
Perkembangan teknologi selular sangat pesat sekali. Teknologi selular berkembang dari AMPS hingga GSM dan tidak berapa lama lagi akan menikmati teknologi 3G. Teknologi selular berorientasi pada voice dan data dengan kecepatan rendah. Diperkirakan di masa mendatang komunikasi data akan semakin besar dengan kebutuhan kecepatan data yang makin besar pula. Oleh karena itu, diperlukan teknologi akses yang lebih baik dibanding dengan WLAN atau popular sebagai WiFi. Salah satu teknologi akses wireless broadband yang sekarang banyak digunakan adalah Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) memiliki jangkauan yang jauh dan dapat untuk kondisi non-LOS sehingga sangat sesuai untuk transmisi pada daerah rural. WiMAX dapat digunakan untuk mengatasi implementasi komunikasi yang menggunakan wireline dan implementasi berbasis WLAN. Solusi WiMAX sangat cocok untuk diimplementasikan di Indonesia untuk mengatasi divide-gap dan mempercepat penitrasi internet.

Buku ini disusun untuk memberikan pemahaman teknologi WiMAX. Pada buku ini akan diulas mengenai evolusi, konfigurasi, cara kerja, keamanan, aplikasi, sinergi WiMAX dengan teknologi lain, beberapa produk WiMAX dan problematika frekuensi WiMAX di Indonesia khususnya. Untuk memperjelas isi mengenai WiMAX, maka penulis juga melampirkan CD yang berisi presentasi dari beberapa vendor dan disertai dengan spesifikasi teknis sehingga memudahkan pembaca dalam memahami WiMAX secara keseluruhan. Informasi kontak person dari tiap vendor juga kami tulis, mudah-mudahan membantu pembaca apabila akan meng-explore/mengontak vendor dimaksud. Buku ini terutama akan sangat membantu bagi siapa saja yang tertarik dengan WiMAX baik teknis maupun bisnis, karena buku ini ditulis detail dan sederhana.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika