• Pengantar akuntansi keuangan daerah

    Pengantar akuntansi keuangan daerah

    • Mohammad Ramly Faud
    • Deepublish
    • 2014
    • 978-602-280-350-8
    Sinopsis

    Akuntansi Pemerintahan merupakan salah satu bidang ilmu yang pesat perkembangannya dalam beberapa tahun terakhir ini.Pesatnya kemajuan tersebut menuntut imbangan pada penyediaan informasi akuntansi yang memadai Selain itu adanya tuntutan akuntabilitas dan transparansi yang dihadapi pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah menjadikan akuntansi pemerintahan menjadi sangat penting. Buku Pengantar Akuntansi Keuangan Daerah ini disusun untuk mencoba mengupas secara rinci tentang proses pencatatan transaksi yang terjadi dalam pemerintahan daerah. Dengan demikian buku ini dapat digunakan bagi para akademisi, mahasiswa, juga pengamat dan praktisi di lapangan sebagai referensi. Buku Pengantar Akuntansi Keuangan Daerah ini terbagi dalam 6 bab.Bab pertama menjelaskan tentang pengertian akuntansi keuangan daerah,dalam bab ini dibahas tentang definisi akuntansi keuangan daerah, sistim pencatatan akuntansi, siklus akuntansi,persamaan akuntansi,jenis transaksi pemerintahan daerah, struktur akuntansi keuangan pemerintahan daerah, jenis-jenis akuntansi dan standar akuntansi pemerintahaan dan kebijakan. Bab kedua tentang kode rekening, dalam bab ini dijelaskan menyangkut struktur lengkap kode rekening, struktur kode rekening untuk akun keuangan. Bab ketiga menyangkut akuntansi di satuan kerja, pada bab ini dibahas tentang akuntansi pendapatan,akuntansi biaya, akuntansi asset satker, akuntansi transaksi selain kas dan akuntansi transaksi PPKD-satker. Bab keempat tentang akuntansi di pejabat pengelola keuangan daerah,pada bab ini dibahas akuntansi pendapatan, akuntansi belanja, akuntansi pembiayaan, akuntansi asset, akuntansi ekuitas dana. Akuntansi rekening PPKD dan rekening SKPD serta akuntansi transaksi selain kas. Pada bab lima membahas tentang penyusunan laporan keuangan, pada bab ini dibahas tentang Tujuan dan komponen laporan keuangan, penyusunan laporan keuangan SKPD, penyusunan laporan keuangan PPKD dan penyusunan laporan keuangan gabungan Pemda. Bab Enam tentang Penyusunan Neraca Awal, pada bab ini diuraikan tentang penyusunan neraca awal di SKPD dan penyusunan neraca awal di PPKD.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Tegal, Cengkareng
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 201173
Kode Klasifikasi : 657.661
Judul Buku : Pengantar akuntansi keuangan daerah
Edisi : 1
Penulis : Mohammad Ramly Faud
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2014
ISBN : 978-602-280-350-8
Tajuk Subjek : Akuntansi
Deskripsi : xx, 239 hlm.; 25 cm
Eksemplar : 5
Stok : 5
Petugas : Novita Indriyani, M.Kom
Akuntansi Pemerintahan merupakan salah satu bidang ilmu yang pesat perkembangannya dalam beberapa tahun terakhir ini.Pesatnya kemajuan tersebut menuntut imbangan pada penyediaan informasi akuntansi yang memadai Selain itu adanya tuntutan akuntabilitas dan transparansi yang dihadapi pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah menjadikan akuntansi pemerintahan menjadi sangat penting.

Buku Pengantar Akuntansi Keuangan Daerah ini disusun untuk mencoba mengupas secara rinci tentang proses pencatatan transaksi yang terjadi dalam pemerintahan daerah. Dengan demikian buku ini dapat digunakan bagi para akademisi, mahasiswa, juga pengamat dan praktisi di lapangan sebagai referensi.

Buku Pengantar Akuntansi Keuangan Daerah ini terbagi dalam 6 bab.Bab pertama menjelaskan tentang pengertian akuntansi keuangan daerah,dalam bab ini dibahas tentang definisi akuntansi keuangan daerah, sistim pencatatan akuntansi, siklus akuntansi,persamaan akuntansi,jenis transaksi pemerintahan daerah, struktur akuntansi keuangan pemerintahan daerah, jenis-jenis akuntansi dan standar akuntansi pemerintahaan dan kebijakan.

Bab kedua tentang kode rekening, dalam bab ini dijelaskan menyangkut struktur lengkap kode rekening, struktur kode rekening untuk akun keuangan.

Bab ketiga menyangkut akuntansi di satuan kerja, pada bab ini dibahas tentang akuntansi pendapatan,akuntansi biaya, akuntansi asset satker, akuntansi transaksi selain kas dan akuntansi transaksi PPKD-satker.

Bab keempat tentang akuntansi di pejabat pengelola keuangan daerah,pada bab ini dibahas akuntansi pendapatan, akuntansi belanja, akuntansi pembiayaan, akuntansi asset, akuntansi ekuitas dana. Akuntansi rekening PPKD dan rekening SKPD serta akuntansi transaksi selain kas.

Pada bab lima membahas tentang penyusunan laporan keuangan, pada bab ini dibahas tentang Tujuan dan komponen laporan keuangan, penyusunan laporan keuangan SKPD, penyusunan laporan keuangan PPKD dan penyusunan laporan keuangan gabungan Pemda. Bab Enam tentang Penyusunan Neraca Awal, pada bab ini diuraikan tentang penyusunan neraca awal di SKPD dan penyusunan neraca awal di PPKD.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika