• Metode penelitian bidang sosial

    Metode penelitian bidang sosial

    • Hadari Nawawi
    • Gajah Mada University Press
    • 2005
    • 979-420-064-6
    Sinopsis

    Penelitian tidak senantiasa memberitahukan ihwal yang belum diketahui. Tidak jarang ia hanya membenarkan pengetahuan yang sudah dimiliki peneliti dan masyarakat umum. Namun, tidak berarti penelitian yang mengkonfirmasikan apa yang sudah diketahui tersebut merugikan. Bukankah salah satu yang ingin diperoleh oleh mereka yang bergerak di bidang keilmuan adalah kepastian terhadap validitas pengetahuan? Bila validitas itu sudah diperoleh, kelegaan peneliti pun datang menjelang. Sebagai ancang-ancang meneliti, tak salah bila peneliti memanfaatkan buku metode penelitian yang berbahasa asing. Apa yang tercantum dalam buku tersebut bisa dipakai sebagai referensi meneliti. Akan tetapi, tidak sedikit jumlah buku metode penelitian berbahasa Indonesia yang bisa dipakai sebagai referensi meneliti. Buku semacam ini biasanya ditulis oleh penulisnya, terutama, untuk memudahkan peneliti Indonesia memahami metode penelitian. Buku ini adalah sebuah buku tentang metode penelitian bidang sosial berbahasa Indonesia. Berbeda dengan buku metode bidang sosial lain, yang membuat kening pembacanya bekerut karena terlalu banyak berteori tentang metode penelitian, buku ini lebih banyak bercerita tentang bagaimana bagaimana meneliti secara empiris. Apa yang diungkapkan dalam buku ini lebih banyak bersifat operasional daripada teoritis. Dengan demikian, buku metode penelitian bidang sosial ini patut dibaca oleh peminat dan peneliti ilmu-ilmu sosial.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98, Yogyakarta, BSD
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 201085
Kode Klasifikasi : 001.42
Judul Buku : Metode penelitian bidang sosial
Edisi : -
Penulis : Hadari Nawawi
Penerbit : Gajah Mada University Press
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2005
ISBN : 979-420-064-6
Tajuk Subjek : Metode Penelitian
Deskripsi : ix, 249 hlm. ; 21 cm
Eksemplar : 3
Stok : 3
Petugas : Rizka Saputri
Penelitian tidak senantiasa memberitahukan ihwal yang belum diketahui. Tidak jarang ia hanya membenarkan pengetahuan yang sudah dimiliki peneliti dan masyarakat umum. Namun, tidak berarti penelitian yang mengkonfirmasikan apa yang sudah diketahui tersebut merugikan. Bukankah salah satu yang ingin diperoleh oleh mereka yang bergerak di bidang keilmuan adalah kepastian terhadap validitas pengetahuan? Bila validitas itu sudah diperoleh, kelegaan peneliti pun datang menjelang.
Sebagai ancang-ancang meneliti, tak salah bila peneliti memanfaatkan buku metode penelitian yang berbahasa asing. Apa yang tercantum dalam buku tersebut bisa dipakai sebagai referensi meneliti. Akan tetapi, tidak sedikit jumlah buku metode penelitian berbahasa Indonesia yang bisa dipakai sebagai referensi meneliti. Buku semacam ini biasanya ditulis oleh penulisnya, terutama, untuk memudahkan peneliti Indonesia memahami metode penelitian.
Buku ini adalah sebuah buku tentang metode penelitian bidang sosial berbahasa Indonesia. Berbeda dengan buku metode bidang sosial lain, yang membuat kening pembacanya bekerut karena terlalu banyak berteori tentang metode penelitian, buku ini lebih banyak bercerita tentang bagaimana bagaimana meneliti secara empiris. Apa yang diungkapkan dalam buku ini lebih banyak bersifat operasional daripada teoritis. Dengan demikian, buku metode penelitian bidang sosial ini patut dibaca oleh peminat dan peneliti ilmu-ilmu sosial.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika