• Pengantar dasar-dasar kepemimpinan

    Pengantar dasar-dasar kepemimpinan

    • Kabir, H
    • Deepublish
    • 2016
    • 978-602-401-267-0
    Sinopsis

    Kepemimpinan organisasi baik profit dan non-profit memerlukan kepemimpinan yang kuat dalam arti positif. Goal dalam kepemimpinan merupakan orientasi yang tercermin dalam visi organisasi. Pemimpin yang kuat, maka ia memiliki visioner dalam upaya untuk membangun organisasi secara kolektif/teamwork, sehingga pada setiap kemajuan yang dialami oleh organisasi merupakan upaya yang tidak dapat diklaim oleh siapa pun, tetapi lebih mengedepankan kolektif. Buku yang anda baca saat ini adalah buku dasar-dasar kepemimpinan, merupakan ikhtisar dan ulasan-ulasan penulis dari berbagai sumber yang dituangkan dalam catatancatatan buku ini untuk membantu mahasiswa dalam proses belajar mengajar yang mengambil matakuliah kepemimpinan. Konsepsi dasar dari kepemimpinan merupakan dasar dari pola manajemen organisasi yang bersifat terstruktur dan memberikan pengaruh kepada orang lain ketika memimpin. Pola kepemimpinan dibangun pada umumnya melalui dasar kesepakatan yang dibuat oleh kelompok tertentu atau organisasi tertentu. Kepemimpinan seseorang pemimpin, paling tidak harus mampu memimpin pada tiga hal, yaitu: 1. Dirinya sendiri; 2. Situasi; dan 3. Timnya. Tiga hal tersebut menjadi dasar seseorang mampu menjadi pemimpin, terutama kepada dirinya sendiri, sehingga dengan mampu mengendalikan dirinya sendiri, maka ia akan mampu untuk melihat situasi yang ada dan dari situasi tersebut akan mampu membangun strategi secara bersama (teamwork). Kepemimpinan merupakan salah satu unsur penentu keberhasilan organisasi, terlebih lagi dalam menuju perubahan. Untuk memahami apa yang dimaksud dengan kepemimpinan (leadership) ada baiknya terlebih dahulu mengetahui arti pemimpin (leader). Hal ini disebabkan kepemimpinan dilakukan oleh seorang pemimpin dan ia mengemban tugas dengan beraktivitas untuk melaksanakan kepemimpinan tersebut. Sebagai upaya untuk menciptakan sistem kerja dalam organisasi, maka diperlukan adanya motivasi, menurut Siagian, mengemukakan bahwa dalam kehidupan berorganisasi, termasuk kehidupan berkarya dalam organisasi bisnis, aspek motivasi kerja mutlak mendapat perhatian serius dari para manajer. Oleh karena itu, pemimpin yang memiliki motivasional, maka ia akan memiliki visi yang tegas dan percaya diri.19 Kekuatan pada motivasional yang baik bagi pemimpin, tentu dapat mendorong peningkatan kinerja pada satuan-satuan yang terdapat dalam organisasi tersebut, sehingga apa yang menjadi visi dasar dan visi panjang dalam organisasi dapat dilaksanakan dengan baik.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98, Kalimalang
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 200053
Kode Klasifikasi : 303.34
Judul Buku : Pengantar dasar-dasar kepemimpinan
Edisi : 1
Penulis : Kabir, H
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2016
ISBN : 978-602-401-267-0
Tajuk Subjek : Manajemen
Deskripsi : viii, 66 hlm. : 20 cm
Eksemplar : 5
Stok : 5
Petugas : Ria Indriani, S.Hum
Kepemimpinan organisasi baik profit dan non-profit
memerlukan kepemimpinan yang kuat dalam arti positif. Goal dalam kepemimpinan merupakan orientasi yang tercermin dalam visi organisasi. Pemimpin yang kuat, maka ia memiliki visioner dalam upaya untuk membangun organisasi secara kolektif/teamwork, sehingga pada setiap kemajuan yang dialami oleh organisasi merupakan upaya yang tidak dapat diklaim oleh siapa pun, tetapi lebih mengedepankan kolektif. Buku yang anda baca saat ini adalah buku dasar-dasar kepemimpinan, merupakan ikhtisar dan ulasan-ulasan penulis dari berbagai sumber yang dituangkan dalam catatancatatan buku ini untuk membantu mahasiswa dalam proses belajar mengajar yang mengambil matakuliah kepemimpinan. Konsepsi dasar dari kepemimpinan merupakan dasar dari pola manajemen organisasi yang bersifat terstruktur dan memberikan pengaruh kepada orang lain ketika memimpin. Pola kepemimpinan dibangun pada umumnya melalui dasar kesepakatan yang dibuat oleh kelompok tertentu atau organisasi tertentu.

Kepemimpinan seseorang pemimpin, paling tidak harus mampu memimpin pada tiga hal, yaitu:
1. Dirinya sendiri;
2. Situasi; dan
3. Timnya.

Tiga hal tersebut menjadi dasar seseorang mampu menjadi pemimpin, terutama kepada dirinya sendiri, sehingga dengan mampu mengendalikan dirinya sendiri, maka ia akan mampu untuk melihat situasi yang ada dan dari situasi tersebut akan mampu membangun strategi secara bersama (teamwork). Kepemimpinan merupakan salah satu unsur penentu keberhasilan organisasi, terlebih lagi dalam menuju perubahan. Untuk memahami apa yang dimaksud dengan kepemimpinan (leadership) ada baiknya terlebih dahulu mengetahui arti pemimpin (leader). Hal ini disebabkan kepemimpinan dilakukan oleh seorang pemimpin dan ia mengemban tugas dengan beraktivitas untuk melaksanakan kepemimpinan tersebut. Sebagai upaya untuk menciptakan sistem kerja dalam organisasi, maka diperlukan adanya motivasi, menurut Siagian, mengemukakan bahwa dalam kehidupan berorganisasi, termasuk kehidupan berkarya dalam organisasi bisnis, aspek motivasi kerja mutlak mendapat perhatian serius dari para manajer.

Oleh karena itu, pemimpin yang memiliki motivasional, maka ia akan memiliki visi yang tegas dan percaya diri.19 Kekuatan pada motivasional yang baik bagi pemimpin, tentu dapat mendorong peningkatan kinerja pada satuan-satuan yang terdapat dalam organisasi tersebut, sehingga apa yang menjadi visi dasar dan visi panjang dalam organisasi dapat dilaksanakan dengan baik.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika