Perancangan Sistem Informasi Penjualan Alat Berat Dan Sparepart (Pena Tepar) Menggunakan Framework Codeigniter Pada Pt. Meta Estetika Graha Kabupaten Kubu Raya

  • Paleria |

Abstraksi

PT Meta Estetika Graha bergerak dibidang perdagangan untuk penjualan alat berat dan suku cadang (sparepart). alat berat tersebut pasti membutuhkan penggantian suku cadang (sparepart) secara berkala penggantian karena rusak demi memperoleh performa yang maksimal. Dalam melakukan penjualan dan pembelian sparepart alat berat PT. Meta Estetika Graha masih melakukan pendataan penjualan dan pembelian secara manual atau tulis tangan, sedangkan untuk mengolah data-data laporan penjualan dan pembelian sparepart alat berat tersebut, karyawan hanya menggunakan aplikasi Microsoft Excel dimana belum menggunakan suatu sistem informasi akuntasi yang telah terkomputerisasi. Dengan cara tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu dapat terjadi kesalahan dalam penulisan dan pembacaan, tidak ringkas, lamanya proses pelayanan kepada pembeli, dokumen yang rentan hilang dan rusak, dan tempat penyimpanan yang terbatas. Adapun permasalah pada penelitian ini adalah bagaimana membuat sistem informasi akuntansi penjualan dan pembelian sparepart alat berat berbasis website. Dengan begitu proses penjualan dan pembelian sparepart alat berat dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, selain itu data-data tidak mudah hancur dan hilang. PT Meta Estetika Graha juga akan mampu bersaing dengan perusahaan yang lainnya dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat yang membutuhkan sparepart alat berat. Dengan website ini diharapkan dapat membantu proses pelayanan dalam bagian penjualan dan juga memudahkan bagi para karyawan dalam menyusun laporan penjualan sparepart alat berat pada PT. Meta Estetika Graha

Kata Kunci

Sistem Informasi,Sistem Informasi Akuntansi,Pembelian - Penjualan


Referensi

Anggraeini, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. CV. Andi Offset.

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2), 107–116.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Deeppublish Publisher.

Irmayani, W., Yulia, & Erni. (2019). Sistem Pengolahan Data APBDes (SIPDABDES) Pada Kantor Desa Wajok Hilir Kabupaten Mempawah. Inti Nusa Mandiri, 14(1), 99–104.

Lestari, M. Z., & Syamsiah, N. O. (2017). Sistem Informasi Piutang pada Unit Pengelolaan Keuangan Desa (UPKD) Model Desa Prima Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 142. https://doi.org/10.26418/jp.v3i2.22946

Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar. Deeppublish Publisher

Maulana, M. S., & Purwaningtias, D. (2016). Implementasi Sistem Informasi Biro Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan Berbasis Internet ( Studi Kasus : Akbid Aisyiyah Pontianak ). Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK) 2016, 32–37.

Meilinda, E. (2016). PERANCANGAN APLIKASI KEARSIPAN SURAT MENYURAT PADA BADAN PEMERINTAHAN (STUDI KASUS : BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA PONTIANAK). Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV(2), 144–152.

Muharto, & Ambarita, A. (2016). Metode Penelitian Sistem Informasi - Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian. Deeppublish Publisher.

Muslihuddin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. CV. Andi Offset.

Rerung, R. R. (2018). Pemrograman Web Dasar. Deeppublish Publisher.

Rozi, Z. A. (2015). Bootstrap Design Framework. PT. Elex Media Komputindo.

Solichin, A. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MYSQL. Universitas Budi Luhur.

Subagia, A. (2018). Membangun Aplikasi Web dengan Metode OOP. PT. Elex Media Komputindo.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Kolaborasi Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika.

Supono, & Putratama, V. (2016). Pemrograman Web Dengan Menggunakan PHP dan Framework CodeIgniter. Deeppublish Publisher.

Susanto, W. E., Galuh, Y., & Astuti, A. (2017). Perancangan E-Learning Berbasis Web Pada SMP Negeri 3 Patuk Gunungkidul Yogyakarta. 5(2).

Swastika, I. P. A., & Putra, I. G. L. A. R. (2016). Audit Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi: Implementasi dan Studi Kasus. CV. Andi Offset.

Wardana. (2016). Aplikasi Website Profesional dengan PHP dan jQuery. PT. Elex Media Komputindo.

Yanto, R. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Deeppublish Publisher.

Detail Informasi

Tugas Akhir ini ditulis oleh :

  • 11181116 - Paleria
  • Prodi : Sistem Informasi Akuntansi
  • Kampus : Pontianak
  • Tahun : 2021
  • Periode : II
  • Pembimbing : Windi Irmayani, SE, M.Kom
  • Asisten :
  • Kode : 0117.D3.SIA.TA.II.2021
  • Diinput oleh : AMJ
  • Terakhir update : 05 Juli 2022
  • Dilihat : 68 kali

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Raya Kramat No 98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : -

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Copyright © 2022 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika