Pustakawan Universitas Bina Sarana Informatika Mengikuti Diklat Promosi Perpustakaan Berbasis Digital Angkatan II Tahun 2024

Pustakawan Universitas Bina Sarana Informatika Mengikuti Diklat Promosi Perpustakaan Berbasis Digital Angkatan II Tahun 2024

Pustakawan Universitas Bina Sarana Informatika ikut serta menjadi peserta dalam Diklat Promosi Perpustakaan Berbasis Digital Angkatan II Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang dilakukan secara online menggunakan portal E-Learning Diklat Kepustakawanan (ELDIKA). Berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan PUSDIKLAT, peserta yang mendaftar untuk Pelatihan, yang diterima berjumlah 40 (empat puluh) peserta dan pustakawan Universitas Bina Sarana Informatika yang mengikuti diklat ini adalah Salsabila Hasna Dhia (Pustakawan Universitas Bina Sarana Informatika BSD) dan Okta Ayu Melya Widanti (Pustakawan Universitas Bina Sarana Informatika Kramat 98).

 

Diklat ini dibuka pada tanggal 21 Februari 2024 dan ditutup pada tanggal 4 Maret 2024. Diklat ini juga memberikan banyak pembelajaran dan pengetahuan baru yang dipandu oleh para pengajar yang berkompeten dan sesuai dengan bidangnya. Mata ajar pembelajaran pada diklat ini yakni dari mata ajar Dinamika Kelompok oleh Pengajar : Dwi Ariwibowo, S.E., M.A.; mata ajar Pengantar Promosi Perpustakaan Berbasis Digital oleh Ahmad Muslim, S.Pd., MP ; mata ajar Etika Promosi Perpustakaan Berbasis Digital oleh Pengajar : Ahmad Muslim, S.Pd., MP. ; mata ajar Branding untuk Perpustakaan oleh Pengajar : Haryo Nurtiar, M.Hum. ; mata ajar Copywriting oleh : Hasto Prianggoro ; mata ajar Pembuatan Konten Promosi Berbasis Digital oleh Rudi Hernanda, MA ; mata ajar Media Sosial Sebagai Alat Promosi Perpustakaan oleh Pengajar : Resti Laras Gilang Parindra, M.A.; mata ajar Blog dan Vlog Sebagai Alat Promosi Perpustakaan oleh Haryo Nurtiar, M.Hum ; mata ajar Customer Relationship Management pada Perpustakaan oleh Pengajar : Leila Fajrie Auddiena NFA, M.Pd.; mata ajar Perancangan Program Promosi Perpustakaan Berbasis Digital oleh Fauzan Dwi Kurniawan, M.IP. ; dan ditutup dengan Observasi Lapangan. 

 

Dalam rangka memperkenalkan dan memasarkan perpustakaan, perpustakaan tidak cukup hanya sekedar membangun layanan informasi dan mengharapkan perpustakaan dapat dipenuhi oleh masyarakat. Secara umum, terdapat kebutuhan untuk memberikan informasi yang terus menerus dan efektif kepada pemustaka tentang keberadaan layanan perpustakaan dan langkah-langkah yang diambil. Hal ini diperlukan karena pustakawan tidak dapat memperkirakan kapan kebutuhan informasi akan segera muncul. Oleh karena itu, pustakawan harus mampu mencapai promosi digital dalam format dan pengeluaran yang berbeda, tergantung pada kesanggupan perpustakaan. Tentu saja, untuk mencapai hal tersebut, perpustakaan memerlukan pustakawan terampil yang dapat mengelola dan merancang program promosi digital untuk perpustakaan. Pendidikan dan pelatihan dalam perancangan program dukungan digital untuk perpustakaan merupakan prasyarat penting untuk membekali pustakawan dengan keterampilan digital yang kompeten dan canggih karena perkembangan digital saat ini banyak dimanfaatkan oleh pemustaka.

Penulis
Salsabila Hasna Dhia

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika