Pustakawan Universitas Bina Sarana Informatika Mengikuti Diklat Promosi Perpustakaan Berbasis Digital Anggkatan II Tahun 2023

Pustakawan Universitas Bina Sarana Informatika Mengikuti Diklat Promosi Perpustakaan Berbasis Digital Anggkatan II Tahun 2023

Pustakawan Universitas Bina Sarana Informatika ikut serta menjadi peserta dalam Diklat Promosi Perpustakaan Berbasis Digital Anggkatan II Tahun 2023.  yang diselenggarakan oleh pusat pendidikan dan pelatihan perpustakaan nasional republik indonesia yang dilakukan secara online menggunakan portal E-Learning Diklat Kepustakawanan (ELDIKA). Berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan PUSDIKLAT  peserta yang mendaftar untuk Pelatihan, yang diterima berjumlah 40 (empat puluh) peserta. Salah satunya adalah pustakawan Universitas BSI PSDKU kota Bogor yaitu Irfan Nurchoir S.Ip.

Diklat ini dibuka pada tanggal 14 Agustus 2023 dan ditutup pada tanggal 25 Agustus 2023 oleh Ibu Sri Wulandari, S.Sos. selaku Ketua Kelompok Kerja Penyelenggaraan Pelatihan. Diklat ini juga memberikan banyak pembelajaran dan pengetahuan baru yang dipandu oleh para pengajar yang berkompeten dan sesuai dengan bidangnya. Mata ajar pembelajaran pada diklat ini yakni dari mata ajar Dinamika Kelompok oleh Pengajar : Dwi Ariwibowo, S.E., M.A.; mata ajar Etika Promosi Perpustakaan Berbasis Digital oleh Pengajar : Fauzan Dwi Kurniawan, M.IP.; mata ajar Pengantar Promosi Perpustakaan Berbasis Digital oleh Pengajar : Haryo Nurtiar, M.Hum.; Mata ajar branding untuk Perpustakaan oleh Pengajar : Haryo Nurtiar, M.Hum.; mata ajar Copywriting oleh Pengajar : Umbara Purwacaraka, S.Hum.; mata ajar Pembuatan Konten Promosi Berbasis Digital oleh Pengajar : Dede Gumilar, S.I.Pust.; Mata ajar Media Sosial Sebagai Alat Promosi Perpustakaan oleh Pengajar : Resti Laras Gilang Parindra, M.A.; Mata ajar Customer Relationship Management pada Perpustakaan oleh Pengajar : Leila Fajrie Auddiena NFA, M.Pd.; mata ajar Blog dan Vlog Sebagai Alat Promosi Perpustakaan oleh Pengajar : Dede Gumilar, S.I.Pust.; Mata ajar Perancangan Program Promosi Perpustakaan Berbasis Digital oleh Pengajar : Ahmad Muslim, S.Pd., M.P.; Mata ajar Observasi Lapangan oleh Pengajar : Dwi Ariwibowo, SE., MA.

Untuk mengenalkan serta memasarkan jasa perpustakaan, perpustakaan tidak cukup hanya membangun jasa informasi serta mengharapkan umum akan memenuhi perpustakaan. Memang selalu ada orang yang ingin tahu namun jumlahnya hanya sedikit. Sebagai ketentuan umum, masyarakat perlu selalu diingatkan secara terus menerus dan efektif akan eksistensi jasa perpustakaan serta apa saja yang dapat dilakukan. Hal ini perlu dilakukan karena pustakawan tidak dapat meramalkankapan keperluan mereka akan informasi segera timbul. Karena itu pustakawan perlu mengusahakan agar publisitas dapat diperoleh melalui berbagai bentuk serta keluaran sesuai dengan kemampuan keuangan.

Untuk mampu melaksanakan hal ini tentunya perpustakaan harus memiliki pustakawan yang cakap untuk mengelola dan merancang program promosi digital perpustakaan. Sehingga pendidikan dan pelatihan dalam merancang program promosi digital perpustakaan menjadi hal yang sekiranya wajib diikuti untuk menjadikan pustakawan sebagai seorang yang cakap dan berliterasi digital tinggi. Perkembangan zaman sekarang yang berbasis serba digital sangat dimanfaatkan oleh pemustaka. Perpustakaan dalam promosi harus mengikuti trend masa kini yang berkembang di masyarakat pemustaka. Perpustakaan mempunyai suatu ide gagasan inovasi terkait promosi perpustakaan berbasis digital menjadi suatu program yang “real” dan dapat dirasakan manfaatnya oleh pemustaka atau masyarakat. Melalui media berbasis digital maka pustakawan atau pimpinan lembaga perlu mempersiapkan sumber daya yang memadai dalam mengidentifikasi kebutuhan informasi secara cermat bagi pemustaka zaman sekarang yang serba online dan berbasis digita.

Adapun harapan yang didapat dari diklat promosi perpustakaan berbasis digital ini dapat membantu memperkenalkan eksistensi perpustakaan kepada pemustaka khususnya dilingkungan akademika  dapat mengimplementasikan materi-materi yang diperoleh pada penulisan Coppywriting konten media social kemudian dapat melaukan perencanaan dan memilah bahan yang sesuai dengan kondisi di perpustakaan

Penulis
Irfan Nurchoir S.IP

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika