INOVASI MELEWATI TRANSISI MASA KENORMALAN BARU, PUSTAKAWAN UNIVERSITAS BSI BELAJAR BERSAMA DENGAN PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI SE-DIY

INOVASI MELEWATI TRANSISI MASA KENORMALAN BARU, PUSTAKAWAN UNIVERSITAS BSI BELAJAR BERSAMA DENGAN PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI SE-DIY

Kampus UBSI Yogyakarta kembali hadir dalam kegiatan musyawarah wilayah FPPTI-DIY yang berlangsung pada hari Rabu, 14 Februari 2023 di Auditorium Lt 3 Kampus Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta. Kegiatan musyawarah yang dikemas dalam bentuk seminar nasional dengan tema “Inovasi Melewati Transisi Masa Kenormalan Baru: Belajar Dari Perpustakaan Pergurauan Tinggi Yogyakarta dihadiri oleh para pustakawan perguruan tinggi se-DIY yang tergabung dalam keanggotaan FPPTI-DIY. Selain para pustakawan, hadir juga jajaran tamu undangan lainnya yaitu  Ibu Dra. Monika Nur Lastiyani, M.M selaku Kepala Perpustakaan dan Arsip Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Ibu Dr. Purwani Istiana, SIP., M.A selaku wakil ketua FPPTI Pusat, Ibu Dra. Nawang Purwanti, M.Lib selaku penasehat dan pembina FPPTI DIY serta  Ibu Anastasia Tri Susiati, M.A. perwakilan dewan Pengawas FPPTI wilayah DIY.

Acara pertama dibuka oleh Ibu Nurlia Ikaningtyas, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp. Kep.MB., Ph.D.NS. selaku ketua dari Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta sekaligus Keynote Speaker. Beliau menyampaikan bahwasannya perpustakaan harus terus berkembang menyesuaikan kebutuhan para civitas akademika, terutama dalam memberikan layanan di masa transisi pandemi. Acara dilanjutkan oleh pemateri pertama yaitu Dr. Labibah, M.LIS selaku Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Dalam materinya yang berjudul “Trend Perkembangan Perpustakaan Pasca Pandemi” beliau menyampaikan bahwa kompetensi pustakawan di era pasca pandemi ini harus didorong untuk menghasilkan inovasi layanan terbaru guna menyesuaikan dengan kebiasan baru para pemustaka yang muncul sebagai akibat dari situasi pandemi. Beliau juga memberikan gambaran bagaimana perpustakaan UINSUKA survive dalam memberikan layanan dimasa pandemi, sehingga dapat memotivasi perpustakaan lain untuk melakukan hal yang sama.

Pemateri kedua yakni Bapak Arif Surachman, S.IP., M.B A selaku Kepala Bidang Basis Data dan Jaringan UGM yang membawa matei dengan tema “Inovasi Perpustakaan dalam Transisi Kenormalan Baru di UGM” dalam materinya beliau menyampaikan bahwa perpustakaan harus tetap memberikan kenyamanan kepada pemustaka dengan inovasi dan keunikan agar perpustakaan akan tetap eksis dimasa pandemi.  Pemateri terkahir yakni Bapak Prof. Dr. Sulis Triyono, M.Pd selaku Kepala Perpustakaan UNY. Dalam tema yang berjudul “Strategi Perpustakaan Mendukung Produktivitas Penulisan Ilmiah” beliau menyampaikan bahwa sebagai pustakawan perguruan tinggi, selain memberikan layanan kepada pemustaka, seorang pustakawan juga harus bisa menulis artikel ilmiah atau bahkan buku. Layanan perpustakaan dikatakan berhasil apabila pustakawannya dapat menulis artikel ilmiah yang bereputasi.

Penulis
Nunung Dwi Aminawati

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika