Belajar di Rumah Aja, Manfaatkan Layanan Digital Perpustakaan Nasional

Belajar di Rumah Aja, Manfaatkan Layanan Digital Perpustakaan Nasional

Demi mencegah penyebaran wabah virus corona ( Covid-19 ), Perpustakaan Nasional (Perpusnas) perpanjang masa tutup sampai 29 Mei 2020. “Tapi, kami akan beritahu kembali jika terjadi perubahan karena satu dan lain hal,” kata Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando pada Minggu (29/3/20), seperti siaran pers yang diterima Kompas.com.

Selama masa penutupan, Perpusnas lakukan penyemprotan cairan disinfektan tepatnya pada 18-19 Maret 2020. Walaupun tidak melayani secara offline, tetapi pengunjung tetap bisa memanfaatkan fasilitas Perpusnas melalui layanan digital (online).

Layanan digital Perpusnas Layanan digital (online) Perpusnas terdiri dari pengajuan International Standard Book Number (ISBN) dan Online Public Access Catalog (OPAC). Kemudian Indonesia OneSearch (IOS), Keanggotaan online (K-OL), e-Resources dan Khasanah Nusantara (Khastara). Semuanya termuat dalam situs web www.perpusnas.go.id. Terdapat juga layanan iPusnas yaitu produk digital Perpusnas berbasis media sosial yang memberikan kemudahan masyarakat Indonesia untuk membaca. iPusnas menyediakan ribuan buku secara teks penuh. Pembaca harus terlebih dahulu menginstal aplikasi iPusnas via Appstore ataupun Playstore. iPusnas mempunyai koleksi sebanyak 50.438 judul atau 591.739 eksemplar buku yang bisa bisa dibaca dan disimpan sampai batas waktu yang ditentukan.

Selain iPusnas, inovasi layanan lain yang disediakan Perpusnas untuk melayani pemustaka selama masa WFH adalah ‘Tanya Pustakawan’ (Ask A Librarian). Layanan ini disiapkan bagi pemustaka yang mengalami kesulitan dalam melakukan penelusuran data, informasi, pengajaran, ataupun bahan perpustakaan. Pemustaka atau masyarakat yang mengalami kesulitan bisa mengirimkan email langsung melalui layanan_referensi@perpusnas.go.id atau bisa melihat live chat di www.perpusnas.go.id. “Jangan lagi berpikir bahwa perpustakaan adalah deretan buku berdebu. Itu paradigma masa lalu. Seiring kemajuan teknologi, layanan perpustakaan bisa dinikmati siapapun tanpa terikat ruang dan waktu,” tambah Syarif Bando. Cara daftar sebagai anggota Perpusnas Bagi masyarakat yang belum menjadi anggota Perpusnas, bisa mendaftar secara online. Berikut langkahnya: 1. Buka laman www.perpusnas.go.id. Silakan pilih menu keanggotaan online (K-OL). 2. Klik ‘Daftar Menjadi Anggota’. Isilah biodata yang diperlukan secara benar dan teliti sesuai panduan. 3. Usai mengisi biodata, kemudian masukkan user name dan password. Jika sudah tuntas, maka layanan digital Perpustakaan Nasional bisa dinikmati. Perpustakaan Nasional sendiri berlokasi di Jalan Salemba Raya 28A dan di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belajar di Rumah Aja, Manfaatkan Layanan Digital Perpustakaan Nasional", https://travel.kompas.com/read/2020/03/29/194043727/belajar-di-rumah-aja-manfaatkan-layanan-digital-perpustakaan-nasional?page=2.
Penulis : Yuharrani Aisyah
Editor : Yuharrani Aisyah

 

Penulis
Elfri Annisa Ivaramulya, S.Hum

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku,majalah,jurnal,dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Raya Kramat No 98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : -

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

FB : -

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika @ 2020