World Digital Library, Perpustakaan Digital PBB

Pernah dengar World Digital Library, nah hasil penyelamatan berkas dunia, UNESCO, salah satu badan di bawah kuasa PBB beberapa waktu lalu telah merilis World Digital Library (WDL), sebuah situs dokumentasi berbagai peninggalan bersejarah dunia. Menurut informasi WDL, situs ilmu pengetahuan ini bermanfaat bagi para pelajar, pendidik dan tentunya para pengguna internet secara umum.


Sementara ini, jika Anda buka alamatnya di www.wdl.org, Anda akan menemukan konten yang sangat beragam dan penuh dengan nilai historis. Di antaranya seperti buku-buku bersejarah, peta kuno, rekaman dan artefak lainnya yang tak ternilai harganya.

Di bagian bawah ada tampilan Slider Timeline yang akan menuntun kita kembali ke masa pembuatan dokumen. Dengan tool ini kita bisa mempersempit pencarian data berdasarkan waktu tertentu, seperti ilustrasi di bawah, saya persempit pencarian dokumen dari tahun 8000 SM hingga 499SM, menarik!

Menurut info di website tersebut, tujuan pembuatan WDL untuk menambah volume dan variasi konten kebudayaan di internet sekaligus memperpendek jurang digital antar negara. WDL tersedia dalam beberapa pilihan bahasa yakni Arab, Inggris, China, Perancis, Portugis, Spanyol dan Rusia.

Konten yang ada di dalamnya adalah sumbangan dari berbagai institusi ternama di seluruh dunia termasuk perpustakaan digital yang dianggap paling lengkap, Bibliotheca Alexandrina . Secara khusus, UNESCO bertanggungjawab atas konten yang ditampilkan di WDL.

Data tersebut bisa diakses berdasarkan lima kategori, yakni: Place, Time, Topic, Type of Item dan Institution. Ketika salah satu kategori ini dipilih, WDL akan menampilkan baris dokumen seperti di bawah ini.

Jadi mulai sekarang, para sejarawan dan Mahasiswa Ilmu Sejarah akan mendapatkan keuntungan, penyedia sumber gratis untuk kepentingan riset.


Sumber:(<a href=http://guntingbatukertas.com/internet/world-digital-library-perpustakaan-digital-pbb/ target=_blank>http://guntingbatukertas.com</a> & <a href=http://ahmadfaizar.blogspot.com/2009/04/world-digital-library-launched-today.html>http://ahmadfaizar.blogspot.com</a>)