Perpustakaan Dengan Koleksi 4500 Buku Mini

József Tari telah mengumpulkan miniatur buku sejak 1972, dan sekarang dia bangga karena koleksinya kini lebih dari 4.500 karya sastra, termasuk buku terkecil di dunia ukuran 2,9 x 3,2 mm.József Tari selalu terpesona isi dari buku-buku kecil tersebut, dan pada tahun 1972 ia mulai mengumpulkan buku-buku mini. Sebagian besar koleksi ini dalam bahasa Hungaria, tetapi ia juga ada beberapa dari Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, Australia, Indonesia dan Jepang. Ironisnya, ia hanya memiliki beberapa buku dari negara-negara tetangga Hongaria. József Tari tertarik dalam segala hal dari agama, olahraga, sastra dan bahkan memasak, namun ia hanya mengumpulkan buku-buku yang ukurannya 76 mm, atau lebih kecil. Koleksinya buku-buku ada yang lebih dari 100 tahun, tapi koleksinya yang paling berharga adalah buku terkecil di dunia – hanya berukuran 2,9 x 3,2 milimeter.
Selain 4.500 buku-buku koleksinya, Tari juga memiliki 15 jenis surat kabar miniatur, termasuk surat kabar terkecil di dunia yang berukuran hanya 19 x 26 mm.

Buku-buku tersebut oleh Jozsef Tari ditata rapi dalam sebuah rak khusus, yang tentunya ukuran tiap sekatnya kecil-kecil. Rak-rak penuh buku mini inilah yang juga dinobatkan sebagai perpustakaan terkecil di dunia.
 

Sumber(<a href=http://www.blogpopuler.com target=blank>www.blogpopuler.com</a> & <a href=http://sekedar-tahu.blogspot.com target=blank>sekedar-tahu.blogspot.com</a>)