Abstraksi :
Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Sail Raja Ampat 2014: membangun bahari menuju Raja Ampat ke pentas dunia. Jakarta:Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, 2015. (910.4 Dep s)

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya laut dan ragam budaya daerah. Negeri yang dilewati garis khatulistiwa dan mendapat sinar matahari sepanjang tahun merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan pariwisata bahari bagi wisatawan dunia. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, pemerintah telah melaksanakan suatu kegiatan wisata bahari tahunan bersakala internasional yaitu Sail Indonesia. Sail Indonesia telah dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu Sail Bunaken tahun 2009, Sail Banda tahun 2010, Sail Wakatobi-Belitong tahun, Sail Morotai tahun 2012, serta Sail Komodo tahun 2013. Lalu pada tahun 2014 diselanggarakanlah Sail Raja Ampat yang akan mengambil lokus di Pantai WTC (Waisai Torang Cinta), Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.
Dipilihnya Raja Ampat menjadi lokasi pelaksanaan Sail Raja Ampat karena perairan Raja Ampat merupakan salah satu tujuan pariwisata bahari di Kawasan Timur Indonesia yang telah mendunia dan memiliki keanekaragaman hayati laut terbaik serta merupakan jantung segi tiga karang dunia (Coral Triangle Initiative), dan secara nasional telah ditetapkan sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Kata Kunci : Sail Indonesia, Raja Ampat, Papua Barat, Pesona Indonesia

UBSI Group