Langkah-langkah mendekorasi perpustakaan pribadi
Jumat, 27 Januari 2012 - 11:27:09 WIB
Diposting oleh : admin
Kategori: Berita - Dibaca: 4918 kali


Mungkin anda punya banyak koleksi buku dan bingung meletakkannya bahkan banyak buku tergeletak atau tercecer sembarang dirumah anda, sepertinya anda harus memikirkan untuk membuat perpustakaan pribadi, berikut ada langkah-langkah untuk mendekorasi ruangan perpustakaan pribadi anda :
 
1. Menentukan Lokasi Perpus Pribadi.

Pilihlah area yang tak sering dilalui orang. Sebuah ruang yang ideal dengan akses pintu menuju kamar tidur atau ke taman yang sejuk. Membaca dengan ditemani panorama yang indah akan lebih menyenangkan dan membuat pikiran segar kembali. Pemandangan taman dengan bunga dan daun hijau nan indah selain menyokong cahaya alami dari sinar matahari di waktu siang juga memberi efek kenyamanan serta ketentraman yang natural pula.

Tapi, jika agan juga ingin memfungsikannya sebagai ruangan keluarga. Maka yang harus diperhatikan adalah letak perpustakaan sebaiknya tidak langsung terkena cahaya matahari. karena tempat yang ideal untuk bersantai bersama keluarga pada umumnya memiliki asupan cahaya matahari yang cukup dan tidak langsung.

Atau jika anda juga ingin menyatukan perpustakaan dengan ruang kerja, coba rinci lagi perlengkapan yang diperlukan berdasarkan fungsinya dalam penataan ruang perpustakaan tersebut. Di mana sebaiknya meletakkan meja kerja untuk tempat komputer, printer, mesin faks, telepon dan lainnya. Apakah ruangannya cukup? dengan begitu banyaknya perangkat kerja, apakah anda bisa menemukan kenyamanan dalam membaca? Pikirkan kembali sebelum memutuskan.


2. Pilihlah lemari/rak buku yang sesuai dengan kebutuhan.


Pastikan rak buku Anda memiliki tingkat keamanan tinggi. Jika memakai rak gantung, pastikan rak itu terpasang dengan baik untuk menghindari kerusakan akibat tak mampu menahan bobot buku yang terlalu banyak.

Menggunakan lemari/rak terbuka.
Lemari buku yang terbuka, dapat mempermudah mengambil buku yang diinginkan dan saat membersihkan tempat penyimpanannya. Artinya, tidak perlu buka-tutup pintu lemari.
Selain itu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah tempat penyimpanan yang lembap. Bila buku ditata dengan rapi, lemari akan tampil menarik. Kekurangannya, buku kurang terlindungi, terutama dari debu. Konsekuensinya, Anda harus membersihkan bagian dalam lemari buku secara berkala.
Furnitur tempat menyimpan buku yang sifatnya terbuka, tidak harus selalu berupa sebuah lemari. Bisa juga berupa hambalan atau rak lepasan. Selain dapat dipindah-pindah penempatannya, tampilan sederhananya tidak akan membuat ruangan baca terasa penuh atau sumpek. Menata buku dengan ukuran yang berbeda-bedapun akan lebih leluasa.
Ini sesuai untuk ruang yang memiliki penyejuk ruangan. Pasalnya, dapat meminimalisir debu yang hinggap di buku.

Menggunakan Lemari tertutup.
Lemari buku tertutup, dapat melindungi buku dari debu dan sinar matahari langsung yang mungkin saja mencapai ke tempat penyimpanan buku tersebut. Atau bahkan air yang jatuh dari langit-langit yang bocor. Tetapi, sebaiknya, pintu lemari tetap bersifat transparan, atau menggunakan daun pintu dari kaca. Hal ini untuk memudahkan mencari buku.
Kekurangannya adalah tingkat kelembapan dalam lemari yang cukup tinggi, sehingga dapat merusak kertas buku seiring berjalannya waktu. Untuk mengatasinya, gunakan kapur barus atau silica gel di dalam lemari. Jangan lupa menggantinya secara rutin untuk mempertahankan bagian dalam lemari tetap kering.
Lalu, jarak antar hambalan atau rak di dalam lemari buku, harus diperhitungkan dengan cermat. Sebaiknya hambalan dibuat fleksibel (dapat diatur jaraknya) agar bisa disesuaikan dengan ukuran buku yang berbeda-beda.
Lemari buku yang tertutup ini, cocok dengan ruang mungil tanpa penyejuk ruangan. Kelembapan udara di dalam lemari, tidak cepat terbentuk akibat berubah-ubahnya suhu ruang sesaat sebelum dan sesudah penyejuk ruangan dinyalakan atau dimatikan.


3. Rapikan menurut Klasifikasi buku.

Anda harus ingat bahwa besarnya rak buku haruslah disesuaikan dengan jumlah buku yang anda miliki. Maka terlebih dahulu anda hitung banyaknya buku yang anda miliki. Setidaknya hal ini dapat mencegah banyaknya ruangan kosong. Setelah itu, buatlah kategori pengelompokan jenis buku sesuai keinginan. Bisa alfabetik (berdasarkan urutan abjad), atau berdasarkan jenis isi buku, bahkan warna sampul buku. Hal ini dimaksudkan agar nantinya agan mendapatkan kemudahan dalam mencari buku yang ingin anda baca.

4. Menentukan interior desain.

Desain interior kuno akan memakai sentuhan warna gelap seperti misalnya cokelat tua, burgundy atau hijau army. Sementara desain modern lebih cenderung memakai warna-warna terang yang cerah. Untuk menentukan warna yang tepat bagi perpustakaan pribadi Anda, pilihlah yang sesuai dengan kepribadian Anda atau keluarga.

Selain itu, model lantai pada ruangan perpus juga memegang peranan penting. sesuaikanlah lantai dengan kondisi perpus anda. Dan apabila rumah Anda berlantai dua dan belum yakin di mana menentukan lokasi perpustakaan, apakah di lantai dasar atau lantai dua, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan konsultan interior desain.

oia, mengingat aktifitas yang akan dilakukan anda adalah membaca, hal yang paling penting dalam merancang ruangan perpus adalah pencahayaan yang cukup. Baik pada siang hari maupun malam hari. So, jangan lupa dikasih lampu ya perpusnya. hehehe


5. Rawatlah dengan baik buku-buku anda.

Bersihkanlah buku secara berkala dan Keluarkan lah sejenak dari tempatnya, hal ini dimaksudkan agar buku tidak cepat rusak ataupun berjamur. Nah sebenarnya hal ini dapat dipermudah jika anda membaca buku-buku anda. Dengan begitu, secara otomatis buku anda engga cepat berjamur. hehhe
 
 
Sumber:(Kaskus.us )
 
 INFO ELIBRARY Bagi mahasiswa yang ingin menggunakan E-library, USER dan PASSWORD yang digunakan sama dengan USER dan PASSWORD di RUANG MAHASISWA       Untuk Bapak/Ibu dosen yang belum bisa login segera hubungi LIVE SUPPORT kami       PERINGATAN!!! : Dilarang Keras memanfaatkan situs ini untuk tujuan plagiat Tugas Akhir, Apabila diketahui terdapat plagiat atas Tugas Akhir, pelaku akan dikenakan sangsi pencopotan gelar Diplomanya.       
Lakukan login untuk mengirimkan testimonial


Win Kurniadi
Semoga Situs Ini Dapat Membuat Mahasiswa BSI Dalam Menyelesaikan Studinya. Dan Mewujudkan BSI Menjadi 'International Campus'. Ayo Mahasiswa BSI, Pergunakan Situs Ini Untuk Membantu Anda Dalam Belajar.

Suagam
Sebagai Staff Perpustakaan bersyukur atas terlaksana nya e-Library ini semoga ini berkembang dan menjadi portal dalam pengembangan perpustakaan dgital

Suagam
Sebagai Staff Perpustakaan, merasa bersyukur atas terlaksannya e-library ini semoga menjadi tolak ukur dalam mewujudkan digital perpustakaan Bina Sarana Informatika, selamat bekerja & berkarya.

Arif Kurniawan
Dengan berkaembangnya BSI saat ini, mudah-mudahan berkembang juga untuk dosen dan mahasiswanya.Semangat terus untuk membangun negeri ini dengan pendidikan.

Feri Prasetyo H.
Berkat web perpus digital ini sangat membantu sekali mahasiswa bsi cikarang dan karawang dalam pembuatan TA dimana yang fasilitas perpustakaanya disana belum mencukupi akan referensi pembuatan TA. Berkat adanya web ini kami dapat mengakses dengan cepat disini.

Heri Kuswara
Terobosan yang brilian dari BSI dalam mencerdaskan sebanyak mungkin anak bangsa ini, situs ini akan memudahkan civitas akademika BSI terutama mahasiswa dan dosen dalam memperkaya keilmuannya. sukses BSI Sukses Team Elibrary

anio_nio
Kerennn.. thumb2 up.. kembangkan lagi content isi e-librarynya yakh.. good job ^_^

Dirgahayu Erri
Good Job. Semoga bermanfaat untuk membantu dan memfasilitasi mahasiswa dalam membuat karya ilmiah Tugas Akhir. Btw untuk Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) kok belum ada yah.. Maju terus ya e-library.

YULIANTI
waahhh.. kereennn,,, tampilan web bsi makin cantik ^_^ dipercantik pula dgn menu2 yang sangat bermanfaat bagi mahasiswanya...

fhathul jamal
sangat membantu sekali dengan di adakanya perpustakaan online ini...bisa liat contoh TA tanpa harus ke kampus....

widy
wah ada yg baru... maju terus BSI...

Nanang Tri Dinata
SUKSES BSI

Supriyanto
Semoga bermanfaat bagi yang menggunakan..... dan moga pengguna tidak menyalah gunakan

akhmad_surury
semoga bsi dpt lebih berkembang lagi, dengan kemajuan informasi dan komunikasi saat ini

Rahma Neechan
tampilan website BSI makin okeee,,.. semoga dg adany situs & fasilitas2 didalamnya membuat BSI lebih maju kedepannya amiinn

susan
GOOD JOB... I LIKE IT.... jadi ga bosen buka web'y BSI ^_^ congrat buat BSI,, e-library akan sangat membantu buat Qt2... MAJU TERUS BSI...

Sayu Yunida
tampilan web bsi makin keren..^_^ ada fiture baru e-library jadi sering main deh.. :) BSI Oy.. Oy.. Oy..!!!

Andrey
Saya sebagai mahasiswa merasa senang dengan melihat e-library ini.

Febriantoro
Good job, buat trobosan terbaru berupa tampilan dan content" tambahan, mengingat ini adalah alat komunikasi yang utama di Kampus BSI,kalau bisa untuk web administrasi mahasiswa bisa di pisah ( di buatkan domain baru ), supaya mahasiswa tdk mengalami kendala saat melakukan pengecekan Nilai dan administratsi lainnya, thankss

Titi
Situs`a udh keren nie dan da Libbary..Smga b`manfaat bg mahasiswa..smga ini awaL yang baik untuk kemajuan BSI..

Dewi Zulaikha
Amazing.. Smoga E-Library BSI ini bisa terus berkembang.. ^^

wahyu asmoro h p
ok banget

firmansyah
alhamdulillah dah ada perubahan besar dengan web BSI,tapi saya minta kepada pihak manajemen untuk mengupdate mata kuliah yang sudah tidak sesuai dengan persaingan bisnis terutama mata kuliah unggulan (lab/praktek)

bijay
tampilannya bagus...4 jempol buat yg design...kuliah BSI aja..

yusan
mantapp...mkin berkembang ajjah BSi smg menuju dalam kesuksesan kita bersama.....amin...maju trus BSI ku......smg mencetak Insan2 yg berguna bagi nusa dan bangsa...amin...

achmad sumbaryadi
Luar biasa....... Dengan adanya e-library bsi semoga dapat membantu mahasiswa mengakses referensi bacaan. Untuk Team Sukses e-library... Tetap semangat dan kerja keras.......................

yoga
BSI smakin top jja,, pa ggi dah dda elibrary.. smoga BSI smakin maju nd berkembang..

tuti nurfauzih
saya antusias sekali dengan adanya e-library ini..tp saya coba register berkali2 tapi gak bisa ya..... muncul command "nim yang anda masukkan salah, ada yang terdeteksi bukan angka" tapi saya sudah masukkan sesuai dngan nim saya.....mohon bantuannya

Hiro21
Mantab BSI...., Maju terus..!!! semoga kami termasuk bagian sejarah

Fahmi
Good... website'y eye candy. Berguna banget nih buat yg lg nysun TA. smoga fitur & fasilitas yg lain dpt ditambah.

joko ariyanto
BSI oy oy,,

azwar fauzi
alhamdulillah skarang bsi memang benar sbagai cyber kapus dengan pngadaan perpustakaan digital'a.. smoga kdepannya bisa d kembangkan lagi..^^

AI SUPIDAH
Semoga dengan adanya E-Library ini bisa membantu mahasiswa/i BSI dalam mencari refensi buku. SUKSES selalu BSI........!! saya bangga jadi Mahasiswa BSI.....

ganjar boy
top bgt dech perlu ditingkatkan

Kresno Budi Nugroho
Semoga website Elibrary BSI ini dapat bermanfaat untuk seluruh mahasiswa dan dosen di BSI, serta membantu dalam penyusunan tugas akhir

MOHAMMAD ADI NUGROHO
semoga Elibrary BSi dapat memberikan Contoh TA yang Terbaru

DIAN RUT SARI PURBA
semoga bermanfaat juga bagi orang lain dan para mahasiswa

JIMMI
wow....it's incredible. An excellent way. Hope BSI E-Library more attractive, communicative, responsibility, and advanced. Congrats to BSI E-Library.

HASTO SAPUTRO
Mantap. Alhamdulillah, sukses untuk semua. Kalau bisa bsi juga buat Robotic Club dong, atau kalau sudah ada ulas artikel tentang kegiatan robotic club di bsi. Mmm maju negeriku makmur bangsaku.

OKTO FERNANDO
BSI makin oiiiiiii.............oiiiiiiiiiiiiii mantap!

LIA FRETIANA HELDA WATI
BSI E-LIBRARY CADASS !!! m/ very useful and helpful

ADE DARMA
inget buat bantu cari referensi buku tugas bukan jd ajang plagiat n cari jodoh,.. :D hehehe....

HASANUDIN
chayo dan maju terus BSI, semoga program ini tambah bagus buat tahun kedepannya untuk mewujudkan BSI menjadi trendsetter Cyber Campus di Indonesia!!!!

GALUH ADITAMA
Salut untuk Kampus BSI, meskipun biaya semester murah, tapi ga murahan! terbukti perpustakaan online yg dibuat oleh BSI, saya sebagai mahasiswa sangat terbantu..

CHANDRA RAMADHAN
Mantap dan sangat membantu...hheheahe

LIYANDA YUSFANI
keren nih web nya, moga alumni juga bisa ikut merasakan manfaatnya,amin

M KHOIRUL ANAM
dari segi tampilan kurang nyaman untuk mata, karena backgroundnya terlalu muda warnanya,, dan textnya juga hampir sama warnanya. dari segi content sudah cukup membantu menambah wawasan civitas akademi BSI.

Ajimat, S.Si, MM
E library bsi memang mantap..., e booknya tolong di tambah lagi. trims tim e library bsi

NUR AZIJAH
alhamdulillah.. kmajuan buat BSI dgn ad'a e-library. msju trusss BSIqu

PITU OKTAVIA
Bissmillah semoga dengan adanya e-library ini bisa meringankan beban anak semester akhir dalam menyusun Tugas Akhir,, ayoo teman ASM 22.6A.02 terutama C.B.I. Ganbatte kita berjuang sama;,, dan maju terus buat BSI semoga makin maju dan mampu memberikan pelayanan kepada mahasiswa/i nya yg lebih baik lg

DICKY RINALDO
Perpustakaan onlinenya mantap, saya belajar bikin web www.bandarkardus.com dgn ebook wordpressnya :)

CHOIRUN NISA UMI KHASANAH
Semoga E-library ini membantu mahasiswa dalam menyusun TA serta menambah pengetahuan tentang apa yang ada dalam situs ini dan bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Salam Mahasiswa !!!

ARMAN ALFANDI
Sukses terus untuk BSI!

DJUSTARI PREHATIN NINGRUM
webnya bantu banget buat bikin laporan KKP :) saran sih bisa registrasi keanggotaan secara online

NELVIA FITRI
situs ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang TA.. maju terus BSI..

PENDI
sukses terus team elibrary bsi sy sebagai mahasiswa sangat terbantu sekali dengan adanya web ini

MUHAMMAD MUJAHID
wahhhh baru tau kalo BSI ada E-Librarynya , dan ternyata ada Contoh TA juga , hmmm kebetulan bgt nih mumpung lagi nyusun TA ,jadi skalian di Download ,buat nambahin Referensi . ohya kalo boleh kasih saran untuk admin . saran yang tugas akhir dibikin yg pertahun , dan di update lagi TAnya , soalnya banyak yg gk bisa di download :) . terimakasih :D HIDUP MAHASISWA !!!!

DANAR WIDO SENO
E-Library BSI ini menjadi salah satu inpirasi dari TA saya karena menyediakan sumber bacaan yang bermutu

AJI PUJOLAKSONO
terimakasih BSI telah jadi tempat dimana aku bisa menuntut ilmu.. dan terimakasih atas segala fasilitas yang diberikan.. dan semoga lebih berkembang menjadi lebih baik lagi kedepannya..

MARYATI
Yipiiiii,,,,keren elibrary nya thx BSI majuu terus untuk perkembangannya...

TSIQOTU NAILIN NAJAH
sangat membantu untuk pembuatan Tugas Akhir nanti semoga dapat berkembang terus setiap waktunya